poloto sore ceria. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SECURE SHELL SSH

# SEJARAH SSH

Menurut RFC (Request For Comment) dari Secure Shell (SSH). Secure Shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya.

Algoritma enkripsi yang didukung oleh SSH di antaranya BlowFish (BRUCE SCHNEIER), Triple DES (Pengembangan dari DES oleh IBM), IDEA (The International Data Encryption Algorithm), dan RSA (The Rivest-Shamir-Adelman). Dengan berbagai metode enkripsi yang didukung oleh SSH, Anda dapat menggantinya secara cepat jika salah satu algoritma yang Anda terapkan mengalami gangguan.

Pada tahun 1995, YaItu Ylonen, peneliti dari Helsinki University of Technology, Finlandia, mendesign suatu protokol keamanan yang bisa mengamankan dari teknik password sniffing. Keberhasilan SSH menggantikan protokol rlogin, TELNET, dan rsh. Dimana protocol-protokol tersebut tidak memberikan fasilitas keamanan authentikasi dan kerahasiaan data. Ylonen mempublikasikan protokol ini secara freeware pada juli 1995.
Pada Desember 1995, Ylonen mendirikan SSH Communications Security yang digunakan untuk memasarkan dan mendevelop SSH, dan SSH berkembang menjadi protokol proprietary.

Pada 1996, SSH-1 mengalami revisi menjadi SSH-2 dengan menggunakan algoritma yang lebih aman. Pada tahun 1999, beberapa komunitas menginginkan adanya versi SSH yang berbasis open source, sehingga dibentuk yang namanya OpenSSH.

SSH (Secured Shell) merupakan protokol standar yang aman untuk remote control jaringan computer dan transfer data antar jaringan komputer. Ssh menggantikan fungsi telnet, rcp, rlogin yang masih menggunakan plain text system dengan teknik enkripsi. Ssh menyediakan tool server daemon dan client untuk memfasilitasi keamanan, enkripsi remote control dan operasi file transfer. Ssh biasa digunakan untuk melakukan remote login dan menjalankan perintah pada komputer remote, tetapi ssh server juga dapat digunakan sebagai tunel jaringan, melakukan penerusan pada port TCP, dan koneksi X11. Selain itu dapat juga digunakan untuk mentransfer suatu file dengan protokol SFTP atau SCP. SSH server bekerja pada port 22.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar